mobil pemuat matrial terbesar haul - MACAM-MACAM ALAT BERAT

Latest

blog ini berisi tentang pengalaman pribadi mengenai alat berat yang pernah saya ketahui atau pegang Tidak sedikit kalangan sudah mengetahui seperti apa alat alat berat yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jenis alat berat konstruksi dan fungsinya yang memudahkan dan mempercepat manusia dalam menyelesaikan pekerjaan.

macam macam alat berat

Monday, October 15, 2018

mobil pemuat matrial terbesar haul

Ingin mengendarai salah satu truk terbesar di dunia? Tak perlu takut kalau belum bisa mengendarai mobil. Di Institut Pertambangan Nemangkawi, mengendarai truk di lokasi tambang terbesar di Indonesia jadi mungkin. 

Seorang The Apprentice duduk dengan serius di hadapannya, sesekali dia melirik ke arah ke arah layar yang kiri dan kanan. Tiba-tiba saja tiba-tiba muncul goncangan dan sednya kemudian tubuh-tubuh berbaring dari perjamuan yang mendadak bergeser dan menyamping secara otomatis. 



Di Institut Pertambangan Nemangkawi, tampil dengan alat-alat yang tercanggih di dunia. Salah sebut kursi di Turki menawarkan kepada kami untuk mencoba mengendarai truk yang sangat hebat saat ini setelah sebelumnya saya telah mengenakan helm, kacamata, rompi dan sepatu boot. Saya ingin tahu apa yang ada di balik layar saya. 

"Ini adalah pencitraan asli dari tambang di dataran tinggi Mimika. Semua kontur alam dan cuaca seperti di sana," Mas Agus menjelaskan.

Di sisi kursi, ada banyak tombol dan tuas yang memiliki fungsi-fungsi khusus. Ada tuas khusus untuk mengangkat bak penampungan, tuas khusus untuk pengereman darurat dan tuas untuk mengatur kecepatan kendaraan. Berbeda dengan kendaraan pada umumnya, haul truck memiliki 7 tingkat kecepatan. 

Saya memasang sabuk pengaman, memajukan tuas ke kecepatan satu dan menyoroti gas. Perlahan-lahan saya dapat merasakan guncangan-guncangan ringan saat kendaraan melintas kawasan bebatuan. Laju kendaraan semakin melambat saat kontur berubah menjadi daerah perbukitan, kursi saya terdorong ke belakang dan saya dapat menikmati sudut kemiringan kursi berubah semakin tinggi. Sungguh meniru kondisi asli saat mengendarai mobil!

Tiba-tiba Tiba bintik bintik-bintik putih yang ada di layar kiri dan kanan. Rupanya kondisi gerak berubah menjadi hujan salju! Sebuah peringatan untuk berhati-hati dan melambatkan laju kendaraan muncul di layar. Saya bisa mengatakan dan merepotkan dua kali tepat sebelum sebuah kendaraan besar muncul di depan. 

Sesaat saya lupa bahwa saya masih duduk diam di dalam kotak palsu. Karena sungguh mengagumkan yang diberikan sangat mirip aslinya. Hal ini ditunjang dengan layar dimoder-gunung di Papua.

Untuk satu kursi grafis haul truck Catterpilar 797 harganya (Rp 172 juta), jumlah yang cukup fantastis, Tapi sangat sebanding dengan kemampuan dan kecanggihan yang menggunakan kotak ini. 

Kecanggihan teknologi sangat melintas jarak dan masa, Karena disini ada masalah dengan super canggih buatan manusia.