Info alat berat terbaru - MACAM-MACAM ALAT BERAT

Latest

blog ini berisi tentang pengalaman pribadi mengenai alat berat yang pernah saya ketahui atau pegang Tidak sedikit kalangan sudah mengetahui seperti apa alat alat berat yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jenis alat berat konstruksi dan fungsinya yang memudahkan dan mempercepat manusia dalam menyelesaikan pekerjaan.

macam macam alat berat

Sunday, July 15, 2018

Info alat berat terbaru

Info Terbaru Harga Alat Berat Bekas di Pasaran
Dewasa ini, eksistensi alat berat dalam suatu proyek, baik proyek konstruksi maupun proyek manufaktur, semakin penting. Pasalnya, dengan adanya alatberat, suatu proyek yang dikerjakan oleh suatu perusahaan dapat dilakukan dengan lebih cepat, mendapat sumbangan tenaga yang lebih besar, serta memperoleh nilai-nilai ekonomis lainnya.


Macammacamalatberat.blogspot.com
Alat berat sendiri bisa diartikan sebagai mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya (power train), serta sistem kendali. Selain pada pengerjaan konstruksi, truk pengangkut, traktor, dan sebagainya yang biasa digunakan dalam bidang pertanian, juga bisa disebut sebagai alat berat.
Berdasarkan fungsionalitasnya, alat berat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.
  • Alat pengolah lahan, seperti namanya, digunakan untuk mengerjakan proyek yang berhubungan dengan lahan, seperti meratakan atau membuka lahan. Alat berat yang memiliki fungsi seperti ini di antaranya dozer, scraper, dan juga motor grader. Jika dozer dapat digunakan untuk membabat semak dan pepohonan, maka scraper berfungsi mengangkat lapisan tanah paling atas.
  • Alat penggali, biasa juga disebut sebagai excavator. Beberapa alat berat ini digunakan untuk menggali tanah dan bebatuan. Alat berat yang termasuk dalam kategori ini di antaranya front shovel, backhoe, dragline, dan clamshell.
  • Alat pengangkut material, yang berguna untuk mengangkut material dalam jumlah banyak atau berat. Alat berat yang termasuk dalam kategori ini salah satunya crance yang dapat mengangkat material secara vertikal, lalu memindahkannya secara horizontal. Sementara, untuk pengangkutan  material lepas (loose material) dengan jarak tempuh relatif jauh, alat yang digunakan berupa belt, truck, dan wagon.
  • Alat pemadat, biasa digunakan untuk pembuatan jalan, baik untuk jalan tanah maupun jalan dengan perkerasan lentur dan kaku. Alat berat yang termasuk kategori ini di antaranya tamping roller, pneumatictiredroller, compactor, dan lain-lain
  • Alat  pemproses material, digunakan untuk mengubah batuan dan mineral alam menjadi suatu bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hasil dari pengolahan dengan alat berat ini misalnya batuan bergradasi, beton, semen, aspal, dan lain-lain. Sementara, alat berat yang termasuk dalam kategori ini di antaranya crusher dan concrete mixer truck. Alat yang dapat mencampur material juga dapat dikategorikan ke dalam jenis ini, seperti concretebatch plant dan asphalt mixing plant.
  • Alat penempatan akhir material, yang berfungsi menempatkan material pada tempat yang telah ditentukan. Di tempat atau lokasi ini, material disebarkan secara merata dan dipadatkan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Alat berat yang termasuk di dalam kategori ini adalah concrete spreader, asphalt paver, motor grader, dan alat pemadat.
Sementara, jika dilihat dari cara pengoperasiannya, alat berat dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu alat dengan penggerak dan alat statis. Alat dengan penggerak merupakan bagian dari alat berat yang menerjemahkan hasil dari mesin menjadi kerja, di antaranya crawler atau roda kelabang dan ban karet. Sementara, alat statis di antaranya tower-crane, batching plant (baik untuk beton maupun aspal), serta crusher plant.
Secara terperinci, alat berat memiliki fungsi sendiri-sendiri. Backhoe loader misalnya, merupakan gabungan dari dua alat berat yang berbeda fungsinya. Bagian depan dilengkapi dengan bucket dan berfungsi sebagaimana loader dan bagian belakang dilengkapi dengan perlengkapan yang sama dengan yang digunakan pada excavator.
Sementara itu, excavator digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan seperti menggali (excavating), memuat material (loading), mengangkat beban (lifting), menghancurkan bebatuan (hammering), dan mengebor (drilling). Perbedaan mendasar antara excavator dengan mass excavator terletak pada kapasitasimplement .

Selain itu, ada juga grader yang berfungsi meratakan pembukaan tanah secara mekanis. Di samping itu, alat berat ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain, semisal penggusuran tanah, pencampuran tanah, meratakan tanggul, dan sebagainya. Tetapi, khusus untuk pengerjaan penambahan kembali tanah galian, hasilnya terkadang kurang memuaskan.
Kemudian, ada juga wheel tractor scraper, yang biasa dipakai untuk memuat, memindahkan, menyebarkan, dan membuang material dalam rangka pemeliharaan jalan. Alat ini digunakan untuk menggali muatannya sendiri, lalu mengangkut ke tempat yang ditentukan, kemudian muatan itu disebarkan dan diratakan. Scrapper juga dapat digunakan untuk memotong lereng tanggul atau lereng bendungan, menggali tanah yang terdapat di antara bangunan beton, dan meratakan jalan raya atau lapangan terbang.
Baca juga :cara mengoperasikan alat berat

Saat ini, sudah banyak toko atau produsen yang mendistribusikan atau menjual alat berat. Namun, karena harga produk baru alat berat masih relatif mahal, maka banyak konsumen di Indonesia yang kemudian berburu alat berat bekas. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru harga produk bekas alat berat di pasaran Tanah Air.
Jenis Alat Berat
Harga Bekas (Rp)
Lokasi Penjual
Tabung Hidrolik
6.500.000
Kota Surabaya
Fuel Injection Pump
7.500.000
Jakarta Utara
Excavator Kobelco SK200 1994
125.000.000
Kota Depok
Wheel Tractor
150.000.000
Kota Medan
Bulldozer
155.000.000
Kabupaten Pati
Forklift Diesel
200.000.000
Kabupaten Bekasi
Loader WA-400
235.000.000
Kota Makassar
Excavator Komatsu PC200-6
295.000.000
Kota Depok
Bulldozer Komatsu D60E-8
300.000.000
Kota Medan
Excavator Volvo
410.000.000
Jakarta Selatan
Excavator Komatsu PC200-7 2007
430.000.000
Kabupaten Sidoarjo
Excavator Kobelco SK200-8 2010
550.000.000
Kabupaten Sidoarjo
Loader Doosan SD200-N
565.000.000
Kota Palembang
Backhoe Loader 4CX 2013
600.000.000
Kota Pekanbaru
Beco Kobelco 2012
600.000.000
Jakarta Barat
Excavator Doosan DX-200A
1.225.000.000
Kota Palembang
Informasi tersebut kami rangkum dari berbagai situs jual beli online. Daftar harga di atas bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah, tergantung kondisi barang yang bersangkutan.